Maag Akut

Maag merupakan gangguan kesehatan terkait dengan proses pencernaan, tepatnya di lambung dan usus besar. Perut besar bisa mengalami kerusakan karena proses peremasan yang terjadi terus-menerus selama hidup. Selain itu, perut besar bisa mengalami kerusakan jika sering kosong karena perut besar meremas hingga dinding-dinding perut besar lecet atau luka.

Maag Akut

Maag Akut

Penyakit maag dapat bersifat kronis atau maag akut tergantung dari kondisi maag dan berapa lama maag itu terjadi?? Maag akut umumnya terjadi akibat pembengkakan yang terjadi pada selaput dinding lambung yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri yang hidup dan mengerogoti bakteri baik dalam lambung dan usus. Oleh karena mereka yang menderita maag akut ini sering sekali mengalami berbagai keluhan nyeri yang menyayat di ulu hati, bahkan terkadang beberapa diantaranya ada yang pingsan.

Maag akut ini sering kali terjadi pada mereka yang selalu disibukkan dengan pekerjaan setiap harinya, bahkan waktu istirahat pun dihabiskan untuk bekerja, waktu atau jam makan sering dilewatkan hingga banyak energi yang keluar dari tubuh tanpa asupan yang seimbang yang masuk dalam tubuh.

Jika maag akut ini semakin dibiarkan akan membawa dampak negatif pada terganggunya dan timbulnya penyakit lainnya, seperti :

  • Hepatitis A
  • Daya tahan tubuh yang sangat lemah
  • Sembelit, perdarahan
  • Mudah masuk angin
  • Risiko terbesar adalah timbulnya gejala dari kanker lambung.

Penyakit maag akut sering dikenal juga dengan istilah tukak lambung. Maag akut bukanlah suatu penyakit tunggal. Maag akut lebih mengacu kepada kumpulan kondisi kesehatan yang mengalami gangguan sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada lambung. Dan biasanya peradangan yang terjadi ini merupakan suatu akibat dari terjadinya serangan infeksi bakteri Helicobacter pylori yang bisa membuat luka pada lambung. Namun ada juga beberapa jenis faktor yang lainnya yang bisa memicu maag seperti adalah stress, pola hidup yang tidak sehat dan juga pola makan yang tidak teratur. Namun secara medis, penyakit maag merupakan salah satu sindrom dari rasa nyeri atau rasa kurang nyaman pada ulu hati, dan saluran cerna pada bagian atas dan serta sekitar.

Gejala yang muncul dari maag akut adalah rasa mual, rasa kembung, cepat merasa kenyang, nafsu makan yang menurun, bahkan juga bisa menyebabkan diare dan juga muntah. Penyakit maag biasanya memiliki beberapa tahapan yang dimulai dari gejala yang ringan sampai pada gejala yang akut dan jika hal ini dibiarkan dengan terus menerus, dan tidak melakukan pengobatan maka akan menyebabkan terjadinya kanker lambung yang merupakan salah satu tahapan dari penyakit maag.

Penyakit maag akut merupakan suatu keadaan pada lambung, keadaan ini biasanya ditandai dengan suatu keadaan yang parah bisa terjadi karena adanya luka atau borok, infeksi yang terjadi pada lambung, dan maupun infeksi dari mikroorganisme yang sangat merugikan yakni Helycobacter Pylori.

Gejala maag akut adalah :

  1. Nyeri yang terasa di lambung hal ini disebabkan karena terjadinya luka atau juga terjadinya iritasi pada bagian organ pencernaan misalnya adalah seperti lambung usus dan juga kerongkongan. Gejala yang akan membuat semakin menjadi terasa disaat sedang mengonsumsi jenis makanan tertentu yang sifatnya agak asam dan pedas.
  2. Mual serta muntah-muntah hal ini disebabkankarena terjadinya iritasi pada lambung yang diikuti dengan adanya suatu infeksi pada serangan bakteri Helycobacter Pylori. Dan selain itu, rasa mula dan muntah yang timbul ini bisa disebakan karena infeksi bakteri yang menyebabkan rasa nyeri dan perih, panas dingin, dan rasa yang penuh pada bagian lambung, selain itu sendawa bahkan juga menyebabkan pingsan.
  3. Nafsu makan yang menurun. Hal ini disebabkan karena organ pencernaan yang menyebabkan terjadinya iritasi yang seringkali bisa menyebabkan nafsu makan yang menghilang. Dan iritasi pada terjadinya kerongkongan juga bisa menyebabkan penderita maag menjadi sulit untuk menelan makanan.
  4. Buang air besar yang disertai dengan adanya darah. Dan hal ini infeksi terjadinya pada lambung dan juga terjadinya saluran pencernaan lainnya yang mepmunyai potensi yang bisa menimbulkan  luka atau borok. Nanah dan juga darah yang keluar dari luka yang akan dibuang bersamaan dengan feses. Sehingga buang air besar kadang juga disertai dengan darah.

Salah satu jenis makanan yang bisa membantu mengobati maag akut adalah brokoli. Brokoli yang mengandung sumber kalium dan juga sulfur yang baik. Sulfur mempunyai manfaat dan juga peran zat antioksidan sebagai salah satu pelindung lapisan di dalam kulit lambung. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Dan makanan lain yang mengandung sulfur lainya adalah bawang merah dan bawang putih.

Maag Akut


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Maag Akut and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.