Diet Penyakit Maag

Diet Penyakit Maag – Sebelum melakukan diet penyakit maag akut, penderita maag harusmenghitung kebutuhan gizi secara cermat. Kebutuhan gizi dapat dilihat dari kebutuhan dasar gizi, tingkat aktivitas, lama tidur, pola makan, hingga cara makan. Kebutuhan gizi  tersebut harus diketahui secara rinci dan detail karena penting untuk mengatur asupan energy dan gizi yang dibutuhkan, serta penyakit-penyakit  lainnya yang mungkin diderita  oleh penderita maag. Jika memang ada penyakit-penyakit lainnya, termasuk maag, dapat segera diantisipasi agar tidak sekadar kambuh saat berdiet. Bahkan diupayakan diet yang diterapkan tidak sekadar menurunkan berat badan, tetapi juga mengatasi penyakitnya.

Karena itu, diet penyakit maag akut untuk setiap orang tidak sama. bagi yang mencoba berdiet jangan meniru pola diet teman atau bahkan orang lain yang sudah berhasil. Perlu diketahui, kebutuhan gizi setiap orang tidak sama. Apalagi jika metode diet yang ditiru itu sebenarnya bertujuan untuk penyembuhan suatu penyakit. Bagi penderita maag akut atau yang sedang dirawat, disarankan agar diet penurunan berat badan ditunda dulu. Lebih baik upaya asepenuhnya dilakukan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Diet Penyakit Maag

Diet Penyakit Maag

Khusus bagi penderita maag, sebenarnya tidak ada alasan untuk melarangnya melakukan diet penyakit maag akut dan penurunan berat badan sepanjang dilakukan dengan benar. Mengenai  pengaturannya, pasien dapat berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi. Sepanjang penyakitnya sudah diketahui, ahli gizi mampu memberikan resep pola diet penyakit maag akut yang baik.

Penyakit maag atau tukak lambung merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteru gram negative Helicobacter pylori. Bakteri tersebut memiliki dinding sel membrane berselubung lipida sehingga dengan mudah dapat dibunuh oleh asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa. Mekanismenya diduga kuat berkaitan dengan perusakan batas permeabilitas membrane sel dan penghambatan asupan asam amino. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 0.001-4,3 g asam laurat per kg berat badan per hari. Dosis tersebut setara dengan konsumsi minyak kelapa sebanyak 1-37 sendok makan per hari. Dosis tersebut dapat dikonsumsi langsung berupa minyak kelapa yang dibagi menjadi 3 kali konsumsi pada waktu makan atau untuk dosis yang besar dapat ditambahkan pada menu makanan pasien.

Kisaran dosis tersebut memang sangat luas karena tergantung dari tingkat keparahan maag-nya. Untuk maag yang baru atau masih dalam tahap gejala ringan, dosisnya  cukup 3 x 1 sendok makan per hari. Untuk maag akut disertai gejala sakit perut  yang cukup mengganggu, mual-mual bahkan muntah, pusing dan demam maka dosisinya 3 x 3 sendok makan per hari. Untuk maag kronis atau berat dosisnya antara 10-37 sendok makan per hari. Dosis sebanyak itu sebaiknya dikonsumsi dalam 2 cara, yaitu diminum langsung sebanyak 3 x 3 sendok makan dan sisanya di campurkan ke dalam menu makanan dan minuman. Bagi yang belum terbiasa mengonsumsi minyak kelapa, dosis sebanyak itu harus dicapai hingga bertahap mulai dari 1 sendok makan per hari hingga tercapainya dosis yang dianjurkan.

Diet penyakit maag salah satunya dilakukan dengan cara menghindari jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit maag malah datang. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah :

  1. Minuman yang bisa membuat asam lambung menjadi naik seperti kopi, anggur putih, buah sitrus dan juga susu full cream
  2. Makanan yang susah untuk dicerna oleh tubuh dan bisa membuat pengosongan lambung menjadi lambat karena malah meningkatkan terjadinya peregangan pada lambung misalnya adalah seperti cokelat, keju, dan juga kue tart.
  3. Makanan yang asam dan pedas. Makanan-makanan jenis seperti ini bisa membuat perut merangsang naiknya asam lambung. Beberapa diantaranya adalah cabai dan merica.
  4. Makanan serta minuman yang kandungan gasnya tinggi seperti sayur sawi, sayur kol, sayur nangka, pisang ambon dan juga minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi.
  5. Makanan yang bisa membuat klep kerongan mengalami kelemahan yang pada akhirnya membuat cairan di dalam lambung malah naik menuju kerongkongan seperti minuman beralkohol, cokelat, makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga gorengan.
  6. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi singkong serta talas.

Diet Penyakit Maag dilakukan dengan menghindari jenis makanan-makanan yang membuat asam lambung naik dan sebaiknya Anda ganti dengan jenis makanan yang lebih bernutrisi. Jadi diet penyakit maag yang sehat artinya bukan berarti bahwa penderita harus mengosongkan perut misalnya seperti yang dianggap oleh kebanyakan orang selama ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada tips diet sehat penderita maag :

  1. Makanlah dengan teratur
  2. Makan dengan porsi yang kecil namun dengan frekuensi yang sering.

Nutrisi untuk penderita maag akut :

  1. Buah-buahan yang segar
  2. Susu yang tidak mengandung gula

Itulah informasi mengenai diet penyakit maag akut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Diet Penyakit Maag


=====================================

>>> Obat Maag Membantu Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Maag Akut and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *